Bacaan Ringan : Sukses bukan hanya sekedar…..


Sukses bukan hanya dari apa yang kita lakukan, dan juga dari apa yang jangan kita lakukan

  • Jangan Tunggu Sampai Pasti Akan Sukses

Jangan menunggu. Usahakan sekarang. Perasaan “pasti sukses” tidak akan muncul sebelum melakukan sesuatu. Tapi orang bisa merasa yakin mampu memberikan komitmen sepenuhnya untuk mencapai keberhasilan. Orang juga bisa yakin akan terus berusaha, walaupun gagal.

  • Jangan ‘Multitasking’ saat Pertemuan

Cara termudah untuk jadi orang paling pintar di ruangan: jadi orang yang paling memperhatikan situasi saat pertemuan. Jika orang berkonsentrasi sepenuhnya, orang bisa belajar banyak dari topik pertemuan, dan tentang orang-orang dalam pertemuan. Orang akan bisa melihat kemungkinan menjalin hubungan bisnis, dan menjadikan diri penting atau dibutuhkan orang lain yang memegang keputusan.

  • Jangan Cek Telepon Ketika Berbincang

Ingin tampil lebih baik dari orang lain? Ingin jadi orang yang disukai orang lain, karena memberikan perhatian jika sedang berbicara dengan mereka? Jangan periksa telefon Anda, walaupun berdering atau ada pesan masuk, kecuali jika Anda tahu itu sangat penting. Apakah orang lain memperhatikan sikap Anda? Tentu saja.

  • Jangan Perhatikan Orang Tidak Penting

Apa yang dilakukan bintang film atau selebriti lain, tidak penting bagi kehidupan Anda. Yang lebih penting adalah keluarga Anda, teman, juga mereka yang bekerja bagi Anda. Merekalah orang-orang yang penting bagi hidup Anda. Berikan perhatian kepada mereka. Mereka patut menerimanya.

  • Jangan Biarkan Diri Terganggu Hal Lain

Jika Anda menemukan sesuatu yang cukup penting untuk dilakukan, Anda harus melakukannya tanpa terganggu apapun. Fokuskan diri pada apa yang Anda lakukan. Setelah itu, sesuai jadwal yang dibuat sebelumnya, Anda boleh melongok hal-hal lain yang terjadi di sekitar. Berkaitan dengan hal ini, tidak usah memeriksa e-mail dan pesan Facebook setiap saat.

  • Jangan Biarkan Masa Lalu Tentukan Masa Depan

Kesalahan punya nilai dalam hidup. Karena orang bisa belajar darinya. Setelah itu, lupakan saja! Jika kesalahan terjadi, jadikan kesempatan untuk belajar sesuatu, terutama untuk diri sendiri. Jika kesalahan terjadi pada orang lain, buat itu jadi kesempatan menunjukkan pengertian dan memberi maaf. Masa lalu ibaratnya “latihan” belaka. Memberi informasi tapi tidak memberi definisi.

  • Jangan Bergosip

Lebih baik gunakan waktu untuk pembicaraan yang produktif. Dengan demikian Anda dapat hasil lebih banyak, dan orang lain akan menghormati Anda.

  • Jangan Bilang “Ya” Jika Tidak Mampu

Menolak permintaan kolega, langganan, dan terutama teman bisa sangat sulit. Tapi Anda tidak mungkin melakukan semua hal. Faktanya, kesuksesan sering berdasar pada keputusan Anda untuk tidak melakukan sesuatu, dan bukan keputusan untuk melakukannya. Selain itu, mengatakan “tidak” kerap tidak berdampak negatif. Banyak orang bersedia mengerti, jika Anda menolak.

Sumber :Β  DW (Deutsche Welle)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s